Ilmu

Assallamualaikum sahabat yg dimuliakan.Allah semoga Allah merahmati dan meredhai sahabat semua.


❤ *Nasihat Bagi Para Penuntut Ilmu* ❤

Firman ALLAH swt,

"Nescaya ALLAH swt akan meninggikan orang² yg beriman di antaramu dan orang² yg diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat"
[Al-Mujadillah, 58:11]

Dari sahabat Anas bin Malik Radhiyallahu 'anhu, beliau berkata, bahwa Rasulullah sallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Menuntut ilmu itu DIWAJIBKAN bagi setiap orang Islam"
[HR. Ibnu Majah, Al-Baihaqi, Ibnu Abdil Barr, dan Ibnu 'Adi]

Wahai orang yg senang menuntut ilmu dan berusaha memperbanyak jumlah ahli ilmu, ketahuilah, sesungguhnya ilmu memiliki keagungan dan keindahan, bila syarat²nya dipenuhi.
Jika tidak, maka keindahan dan kilaunya akan sirna, kemudian kewibawaan pemiliknya akan lenyap dari hati. Diantara manusia, ada orang yg hanya pandai berbicara ('Alimul Lisan) tetapi hatinya bodoh (Jahilul Qalb)

Wahai sahabatku, jadilah penuntut ilmu yg baik. Penuhilah syarat dan adab²nya, maka engkau akan memperoleh kenikmatan, bersinar dengan cahayanya dan memetik buahnya di dunia ini sebelum di akhirat nanti.
Janganlah menuntut ilmu sekadar untuk membahas pendapat para ulama', mencari-cari kesalahan dan mengalahkan lawan debat. Inilah sikap orang² yg hina dan tak memiliki semangat.

Ketahuilah, ilmu akan membawa rahmat dan kebahagiaan. Tetapi, jika ditujukan untuk bermusuhan dan saling mengalahkan, maka Ilmu menjadi siksa dan melelahkan.
Dalam menuntut ilmu, contohilah kaum Solehin yg telah berkata, "Jika berbicara membuatmu merasa bangga, maka diamlah. Dan jika diam merasa membuatmu bangga, maka berbicaralah"
"Sebagaimana harta, ilmu akan membuat seseorang berbuat melampaui batas"

wallahuallam

["Idhahu Asrari 'Ulumil Muqarrabin", Sayyidinal Imam Al-'Allamah Sayyid Muhammad bin Abdullah Al-Idrus رضي الله عنـه]

Yaa Allah Kayakanlah kami dengan ilmu, hiasilah kami dengan sifat santun, muliakanlah kami dengan ketaqwaan, dan baguskanlah kami dengan afiat, Wahai Yang Paling Penyayang diantara yg penyayang"💚

Comments